Hasil Pemeriksaan Rangka e-SAF Oleh KNKT !!!

Murnisubajamas - Sepanjang tahun 2023, ada sejumlah berita detikOto yang mendapat atensi banyak pembaca. Salah satunya artikel mengenai hasil pemeriksaan rangka eSAF Honda yang dikerjakan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) bersama Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Tahun lalu, kabar mengenai rangka eSAF Honda yang diduga berkarat menjadi obrolan di mana-mana. Hal itu membuat KNKT dan Kemenhub melakukan pemeriksaan dan penelitian terhadap komponen tersebut sejak Agustus hingga September 2023.

Menurut tim peneliti Ditjen Hubdat dan KNKT, PT Astra Honda Motor (AHM) membuat eSAF dari raw material berupa High Strength Steel (HSS) yang diproses menjadi rangka dan kemudian dilakukan pelapisan coating dengan metode CED (Cathodic Electro Deposition) secara dipping (celup).

"Hasil Penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti telah ditindaklanjuti. Kami bersama KNKT akan mengawal dan mengawasi proses pemeriksaan dan penanganan rangka eSAF ini," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno melalui keterangan resminya.

KNKT dan Ditjen Hubdat juga mendatangi dan melihat langsung proses produksi rangka eSAF di pabrik sepeda motor Honda di Kawasan Industri Indotaise Karawang pada Jumat (1/9/2023).

Tim peneliti melihat proses pengendalian kualitas produk mulai dari tahap incoming material, press, welding hingga pelapisan. Kontrol item termasuk dimensi maupun ketebalan dari hasil proses pelapisan telah dilakukan dan dianggap memenuhi standar manufacturing global.

Berdasarkan hasil perhitungan finite element method dan divalidasi secara pengujian aktual di fasilitas milik PT AHM, mereka mengklaim struktur rangka eSAF cukup kuat dan tidak memiliki daerah kritis atau fatigue dengan stress load yang tinggi. Tegangan yang terjadi masih jauh di bawah Yield Point (batas elastis) dari material rangka.

Karat di Rangka eSAF

Tim peneliti tetap menemukan karat di rangka Esaf, tepatnya di bagian dalam yang tak terlapisi coating dan lubang pembuangan bawah yang berpotensi tertutup kotoran, sehingga membuat air tersumbat serta berpotensi menyebabkan udara lembab di area rangka.

Ketika itu, PT AHM langsung melakukan optimalisasi terhadap perlindungan rangka dari korosi secara menyeluruh. Mereka juga membuka layanan pemeriksaan dan penanganan 24 jam sebagai bentuk tanggung jawab terhadap konsumen.

Pemilik kendaraan bisa menghubungi contact center Honda di nomor 1-500-989 yang bisa diakses di seluruh Indonesia atau datang langsung ke bengkel AHASS terdekat.

Bukan hanya itu, PT AHM saat ini memberikan garansi rangka lima tahun untuk konsumen di Indonesia. Bukan hanya motor matik, melainkan seluruh model kendaraan.

KANG ANDI
KANG ANDI Seorang marketing motor, yang keseringan cari konsumen lewat online dijuluki sama temen temen marketing online.

Post a Comment for "Hasil Pemeriksaan Rangka e-SAF Oleh KNKT !!!"